Beranda | Artikel
Tafsir Surat Al-Bayyinah - Bagian ke-2 - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Selasa, 17 Februari 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Tafsir Surat Al-Bayyinah (Bagian ke-2) dari Kitab Tafsir Al-Muyassar

[sc:status-tafsir-al-muyassar-ustadz-badrusalam-2013]

Al-Qur’an Al-Karim, Surat Al-Bayyinah (98)

Berikut adalah ayat-ayat dari Surat Al-Bayyinah yang dibahas pada kesempatan ceramah ini.

Surat Al-Bayyinah (98): 1-8

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاء وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ (٥) إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أُوْلَئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ (٦) إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُوْلَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ (٧) جَزَاؤُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَداً رَّضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ذَلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ (٨)

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat. Dan yang demikian itulah agama yang lurus.(5) Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.(6) Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.(7) Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepadaNya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.(8)” (QS Al-Bayyinah [98]: 5-8)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Al-Bayyinah

Tafsir Surat Al-Bayyinah

Allah Ta’ala berfirman:

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ … (البينة: ٥)

“Dan tidaklah mereka diperintahkan kecuali agar mereka beribadah kepada Allah (saja) …” (QS Al-Bayyinah [98]: 5)

Dan ini merupakan tujuan hidup manusia. Manusia hidup di dunia Allah ciptakan tiada lain untuk merealisasikan ibadah kepada Allah. Allah berfiman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ (الذاريات: ٥٦)

Simak terus ceramah agama Islam pembahasan Tafsir Al-Quran, yaitu Tafsir Surat Al-Bayyinah, yang menginjak pada Bagian ke-2. Ceramah ini adalah bagian dari program Tafsir Al-Muyassar yang diselenggarakan rutin di Masjid Al-Barkah, Komlek Rodja, Cileungsi, Bogor, bersama Ustadz Abu Yahya Badrusalam.

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an: Tafsir Surat Al-Bayyinah (Bagian ke-2)

Silakan share ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga menjadi ladang amal dengan turut menyebarkan kebaikan ini, Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/11632-tafsir-surat-al-bayyinah-bagian-ke-2-kitab-tafsir-al-muyassar-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/